Perhatikan Hal Ini Sebelum Booking Kamar Hotel

By Robby Prihandaya 24 Sep 2021, 10:36:50 WIB HOTEL

Keterangan Gambar : Ilustrasi


Syarat masuk hotel jadi hal yang perlu diperhatikan bagi para pengunjung yang hendak menyewa kamar untuk berlibur di masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Hotel memang jadi alternatif tempat hiburan di masa PPKM lantaran terdapat di dalam kota dan tak membutuhkan waktu lama untuk mengaksesnya.

Aturan soal masuk hotel di masa PPKM mengalami penyesuaian. Pastikan terlebih dahulu hotel yang dituju bukan merupakan hotel untuk karantina COVID-19, ya

Syarat masuk hotel mengalami penyesuaian di masa PPKM hingga 4 Oktober 2021. Aturan ini tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) No 43 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4, Level 3, dan Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Baca Lainnya :

Salah satu syarat masuk hotel adalah wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Aplikasi ini dipakai guna melakukan skrining terhadap para pengunjung dan pegawai. Dalam aturan Inmendagri tertulis bahwa pengunjung hanya dibatasi dengan kapasitas maksimal 50 persen dan hanya kategori hijau dan kuning di aplikasi PeduliLindungi yang diizinkan masuk, seperti dilansir dari detik.

Maksud dari kategori hijau dan kuning yang diperbolehkan artinya sebagai berikut:

1.     Kategori hijau saat scan QR code di aplikasi PeduliLindungi: pengunjung sudah divaksinasi lengkap dan memiliki status aman. Warna hijau diperbolehkan masuk tempat umum.

2.     Kategori kuning atau oranye saat scan QR code di aplikasi PeduliLindungi: pengunjung sudah divaksinasi dosis pertama. Pengunjung diperbolehkan masuk setelah petugas melakukan verifikasi lebih lanjut. Pengunjung yang memiliki warna barcode ini wajib menerapkan protokol kesehatan sangat ketat.

Dalam aturan Inmendagri, syarat masuk hotel juga memuat soal kapasitas pengunjung. Hotel non-karantina COVID-19 dapat beroperasi dengan kapasitas pengunjung maksimal 50 persen. Sementara itu, fasilitas di hotel juga diatur, yaitu terkait:

1.     Pusat kebugaran/gym, ruang pertemuan/ruang rapat/meeting room, dan ruang pertemuan dengan kapasitas besar/ballroom di dalam hotel diizinkan buka dengan memakai aplikasi PeduliLindungi dan kapasitas maksimal 50 persen.

2.     Untuk makan dan minum di fasilitas ruang pertemuan/ruang rapat/meeting room dan ruang pertemuan dengan kapasitas besar/ballroom hanya diberikan dalam bentuk boks dan tidak ada hidangan prasmanan.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment