Wow, Anggota DPR Dapat Jatah Isoman di Hotel Bintang 3.

By Robby Prihandaya 28 Jul 2021, 17:38:12 WIB HOTEL
Wow, Anggota DPR Dapat Jatah Isoman di Hotel Bintang 3.

Keterangan Gambar : Gedung DPR RI


Negara lewat Sekretariat Jendral (Setjen) DPR memberikan fasilitas hotel bintang 3 bagi anggota dewan legislatif hingga staff yang tengah menjalani isolasi mandiri (isoman) setelah terpapar virus COVID-19.

Hal tersebut terungkap dalam surat yang diterbitkan Setjen DPR tertanggal 26 Juli 2021. Dalam surat yang diteken Sekretaris Jendral, Indra Iskandar, tertulis bahwa Sekjen telah bekerja sama dengan beberapa hotel untuk menyediakan fasilitas isoman dan karantina bagi anggota legislator.

Bukan hanya anggota dewan, “Termasuk juga para staff, PNS, tanpa keluarga tapi, ya, yang ditanggung negara. Di hotel bintang 3,” kata Indra.

Baca Lainnya :

Fasilitas tersebut diberikan kepada anggota dewan maupun staff yang harus menjalani isoman atau karantina karena positif terpapar COVID-19, baik bergejala ringan, sedang, atau tanpa gejala.

Ia juga menerangkan bahwa fasilitas isoman itu diberikan karena para anggota DPR memiliki mobilitas tinggi di daerah pemilihan mereka. Selain itu, fasilitas isolasi sebelumnya di wilayah kalibata, Jakarta Selatan sempat mendapat komplain karena berpotensi menularkan ke penghuni kompleks parlemen lainnya.

“Beberapa minggu lalu yang positif tinggal di rumah kompleks Kalibata itu juga dikomplain oleh anggota lain karena berisiko menularkan bagi lingkungan," ujarnya.

Indra memastikan pemberian fasilitas isoman dan karantina ini diambil dari anggaran yang tidak terpakai. Seperti kunjungan ke luar negeri atau anggaran kegiatan seminar.

Dalam surat Setjen DPR yang ditembuskan ke pimpinana DPR, BURT DPR, hingga Inspektur Utama itu, para anggota yang membutuhkan fasilitas isoman harus melampirkan salianan KTP, hasil pemeriksaan swab, alamat domisili saat ini, dan nomor telepon yang bersangkutan.

Menanggapi hal ini, Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), Lucnius Karus justru meminta DPR untuk mencabut keputusan menyediakan fasilitas khusus berupa hotel bintang 3 untuk para anggota legislator hingga staff yang sedang menjalankan isolasi mandiri akibat terpapar COVID-19.

Ia menilai kebijakan tersebut tak memiliki empati terhadap nasib rakyat yang tengah kesusahan mendapatkan fasilitas kesehatan untuk isoman yang terjangkau.

“Saya kira respons yang tepat sebagai bentuk kepedulian dan respons tepat DPR atas penolakan publik ya mesti mencabut kebijakan tersebut," katanya.

Lucius juga mengkritik bahwa DPR kerap kali mengeluarkan kebijakan dan wacana kontroversial yang seakan mengistimewakan diri para anggota dewan di tengah kesengsaraan rakyat karena pandemi. Beberapa kebijakan kontroversial itu yakni tes swab PCR, vaksinasi, hingga permintaan ICU khusus bagi anggota DPR.

Lebih lanjut, ia juga menilai kebijakan DPR harus berdasarkan aspirasi dan kondisi masyarkat. Menurutnya, tak pedulinya DPR pada suara rakyat tentu menjadi sesuatu yang kontras. Pasalnya, DPR adalah satu-satunya lembaga yang bekerja atas kepercayaan untuk mewakili rakyat di hadapan kebijakan pemerintah. 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment